ManiakMotor - Termurah
sekaligus termudah untuk performa harian Yamaha Mio. Apalagi
kalau dikerjakan
bengkel dan tukang bubut yang ahli. Tidak masalah kalausampeyan yang
mengerti bongkar pasang.
Kalau hanya jago bongkar tidak tahu pasang, mendingan langkah
pertama yang dipakai. Minta tolong bengkel total cuma Rp 300 ribu.
Agar tetap irit bahan bakar dan masih enak untuk harian, cukup
didongkrak sampai 135 cc. Ada sih piston aftermarket yang di atas Rp 200
ribu. Itu pun belum tentu dapat kualitas bagus. “Pakai piston Suzuki Smash saja.
Diameter pistonnya Smash 54,5 mm atau lebih besar 4,5 mm dari standar Mio.
Piston Smash yang asli Rp 95.000,” anjur Dede alias Chemonk dari bengkel Ciomas
Motor di Purwakarta, Jawa Barat.
Katanya sih dia telah gonta ganti piston after market dan
yang jaminan mutu versi Smash ini. Masih irit juga sangat layak dipakai harian.
Hanya lubang pin pada piston Smash kudu menyesuaiakan dengan pin asli Mio.
Diameter lubang pin Smash 14 mm.
“Makanya lubangnya harus ditambah 1 mm pada tukang bubut,”
tambah Dede yang dari namanya fasih berbahasa Sunda. Ya, iyalah orang Jabar
kok. Nah selagi di tukang bubut, sekalian bloknya dikorter atau diover-size alias bore-up sama
dengan piston Smash. Hati-hati pilih tukang bubut, pastikan di kota sampeyan bengkelnya
punya nama dan terkenal rapi. Jika meleset bubutannya, hasilnya motor malah
pelan dan akhirnya ngebul...
Pendeknya dengan rumus volume
silinder dapatnya 135 cc dan masih menyisakan 1,5 mm daging silinder. Aman!
Namun lumayan narik bila membonceng pacar dan beli rokok ke
pasar. Karena tips ini bukan mengajari balapan, hanya bikin enak mesin Mio.
Apalagi, piston Smash kompresinya tidak setinggi piston after
market. Versi piston Smash ini diisi bensin umum juga ngacir coy.
Konsumsi bahan bakarnya pun tak akan berbeda jauh dengan Mio
standar. Disusul tanpa perlu gerinda kem, payung klep, papas head dan
sebagainya bikin mesin Mio berumur pendek. “Hanya perlu ganti pilot jet, saya
biasa pakai ukuran 40. Total bikinnya tidak lebih dari Rp 300 ribu,” yakin
Chemonk yang telah bikin versi begini sekitar 8 motor. Makanya ada
piston-piston bekas Mio di bengkelnya. Itu buktinya, bukan cerita.adit
disadur dari :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar